Feb 16, 2010

Kemamang



By : Koen Setyawan
Published : December 2009 by Goodfaith
Details : Paperback, 317 pages
isbn : 9786026900

Rating : 3 of 5 stars
Bookshelves : buku-hadiah, my-shelf
Status : Read in December, 2009

Membaca novel ini seperti menonton film buatan Steven Spielberg. Bedanya adalah kalo di film-film tersebut suasananya lebih modern sementara latar tempat pada novel ini adalah sebuah desa kecil dengan segala keterbatasannya.

Kemamang sendiri adalah sebuah mitos yang bermuatan mistis dari masyarakat di sekitar Gunung Lawu. Kemamang dipercaya sebagai hantu yang mengeluarkan cahaya berpendar menyilaukan. Mitos yang begitu kuat dan telah berlangsung selama ratusan tahun.

Hari dan Panji, dua orang anggota team peneliti harimau Jawa yang terpisah dari rombongannya dan tersesat di hutan, tanpa sengaja bertemu dengan kemamang. Lalu kejadian-kejadian aneh menyusul setelah peristiwa itu seperti gejala insomnia, lalu tidur selama 2 hari, dan kehilangan waktu.

Keingintahuan yang besar membawa keduanya kembali ke Desa Sumberwulih dua bulan kemudian untuk menyelidiki keanehan yang terjadi di Danau Bakalan tersebut.

Berbagai peristiwa aneh terjadi berturut-turut. Dari ternak yang hilang dan kemudian ditemukan bangkainya tanpa isi perut dan kepala, lalu jejak kaki dari mahluk besar yang aneh sampai dengan hilangnya anak-anak di bawah umur yang berjalan dalam tidur mereka di malam hari.

Kemampuan Hari menggunakan indera keenamnya membawanya pada penemuan siapa dan apa dibalik fenomena kemamang tersebut. Tapi ternyata apa yang tengah berlangsung di desa tersebut jauh lebih rumit dan sama sekali tak terbayangkan oleh siapapun juga.

Suasana pedesaan yang sepi dan gelap, hutan yang mengelilingi danau … semua kengerian dan ketegangan yang mencekam dibangun secara cerdas oleh sang penulis, walaupun masih terdapat sedikit kesalahan (yang mungkin tidak akan terlihat oleh pembaca yang terlalu tegang masuk ke dalam jalinan cerita).

Lalu, apakah sebenarnya kemamang tersebut ?
Apa kaitannya dengan segala keanehan yang terjadi ?
Ada baiknya Anda segera membaca buku ini dan temukan petualangan yang mendebarkan.

No comments:

Post a Comment