Feb 16, 2010

Kubah



By : Ahmad Tohari
Published : August 2005 by Gramedia Pustaka Utama
(first published 1980)
Details : Mass-market paperback, 189 pages
Literary awards : Penghargaan Yayasan Buku Utama (1981)
isbn : 9796051761 (isbn13: 9789796051762)

Rating : 3 of 5 stars
Bookshelves : buku-hadiah, my-shelf
Status : Read in November, 2009

Thanks to Asrori for giving me this book....

Ide cerita yang diangkat sih biasa2 saja tentang seorang bekas tahanan politik yang mengalami berbagai keraguan dan ketakutan ketika harus kembali ke dalam masyarakat. Takut dan ragu tindakannya di masa lalu masih meninggalkan luka dan dendam.

Tetapi bukan Ahmad Tohari namanya bila masalah yang umum ini menjadi biasa saja. Dengan mengambil setting cerita tentang peristiwa 'Gerakan 30 September' kisah ini menjadi berbeda. Kalimat yang dirangkai dengan penggambaran suasana dusun yang kental membuat kita jelas dapat membayangkan cerita tersebut seperti melihat tayangan di televisi.

Sepanjang cerita dikisahkan secara kilas balik bgm keterlibatan sang tokoh pada kegiatan partai politik yang akhirnya menyeretnya ke pengasingan di pulau B selama 12 tahun. Kehilangan kepercayaan diri dan harus merelakan sang istri menikah lagi. Perenungan diri yang akhirnya kembali menyadarkannya akan kebutuhan seorang manusia akan Sang Pencipta. Pada akhirnya, keraguan dan ketakutan itu sama sekali tidak beralasan, semuanya berjalan dengan baik dan... happy ending.

Setelah menamatkan buku ini aku masih enggak ngerti kenapa judulnya harus 'Kubah' karena sejak halaman pertama masalah kubah ini tidak muncul sama sekali, baru pada bab terakhir masalah kubah ini dibahas dan teramat sangat sedikit. Tadinya aku berfikir kubah disini merupakan kata kiasan untuk melambangkan sesuatu, tetapi tyt aku salah duga (sok tau sih). Aku jadi berfikir kok judulnya maksa banget ya ? (tambah sok tau).

Pada akhirnya buku ini terasa sangat jauh di bawah RDP... terasa kurang menggigit..., tapi aku tetep suka dengan gaya penulisnya bertutur. Jadi tetap layaklah buat dikasih 3 bintang.

No comments:

Post a Comment