Mar 14, 2010

Sarinah Kembang Cikembang: Kumpulan sembilan cerita pendek (Seri sastra pembangunan)



By : Satyagraha Hoerip Soeprobo
Published : 1993 by Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara
Details : Softcover,150 pages
isbn : 9798312562 (isbn13: 9789798312564)

Rating : 4 of 5 stars
Status : Read in March, 2010
Bookshelves : buku-hadiah, my-shelf

Thanks to Inas for giving me this book.

Membaca buku ini membuatku merasa tersentuh sekaligus gemas.
Buku terbitan tahun 1993 hadiah dari seorang teman ini mengangkat kisah tentang orang-orang kecil yang tersingkirkan, tentang para pejuang yang lupa akan tujuan awal perjuangannya (menegakkan keadilan dan kemakmuran secara merata bagi seluruh rakyat), tentang para pejabat yang terlena duduk di kursi empuk dan mengingkari sumpah jabatannya.

Judul yang diambil untuk buku ini sendiri bercerita tentang seorang PSK yang harus menumpahkan seluruh tenaganya dengan bercucuran keringat demi kelangsungan hidup keluarganya di desa. Pekerjaan yang dengan sangat terpaksa harus dijalaninya, sangat kontras bila dibandingkan dengan para pemimpin negeri yang hanya dengan sebelah tangan begitu mudah menumpuk kekayaan dengan cara merampok uang rakyat.

Simaklah kalimat2 berikut :

"... Kalian adalah pencari makan andalan seluruh keluarga. Tanpa pengorbanan kalian, matilah seluruh keluargamu oleh kelaparan yang tak terlawan......
..... sebaliknya para koruptor, mereka tidak akan mati andaikan tidak korupsi. Jadi mereka melakukan itu bukanlah karena ancaman kelaparan tetapi karena mental mereka yang bobrok. Mereka korupsi bukan karena terpaksa seperti kalian para WTS." (hlm.131)


"Kalau kalian benar sampah masyarakat seperti yang dianggap bangsaku, seharusnya bangsaku juga berani memberi gelar kepada para koruptor, manipulator dan para pemungut komisi sebagai 'Sampah Bangsa'. Minimal 'Sampah Pancasila'. Atau 'Sampah Republik Indonesia'. Coba berani atau tidak, bangsa kita ini ?" (hlm.29).

Sebuah ungkapan yang penuh tantangan.
Lalu, beranikah kita ??

No comments:

Post a Comment